Kerja Dari Rumah – Hal Penting

Sejak jaringan internet meluas, orang bisa kerja dari mana saja. Dari ahli informatika, youtuber, blogger/penulis, penerjemah, virtual assitant, sampai pedagang online, bekerja dari rumah sebaiknya mengetahui hal-hal berikut:

Sediakan “Working Station”. Bekerja di rumah bukan berarti sembarangan. Sediakan tempat yang memadai baik komputer dan koneksi internet. Jangan campur aduk dengan urusan rumah, pilih meja dan kursi kerja yang ergonomik. Jika kamu tinggal dengan kerluarga besar ada baiknya mempunya tempat yang tersendiri. Jika ada video/panggilan, kamu tidak mau ada suara-suara menggangu seperti tangisan anak, gonggongan anjing, tukang jualan lewat, dan semacamnya ikut terdengar.

Kenali lingkungan sekitarmu. Bersiaplah kalau seandainya internet koneksi atau listrik mengalami gangguan, kemana kamu memindahkan tempat kerja. Mall terdekat dengan pilihan restoran atau coffee shop dengan wifi, co-working space, rumah teman atau saudara. Ketahui dimana kita bisa mencetak/print dokumen, mengirimkan via kurir atau kantor pos, membeli meterai untuk tagihan dll.

Kenali sistem pembayaran. Kalau pekerjaan kamu bagus, tetapi kamu tidak bisa menagih, bagaimana kamu bisa mendapat menghasilan? Setiap menerima pekerjaan, kenali ketentuan pembayaran. Usahakan mempunya kontrak untuk setiap pekerjaan. Kalau kamu menjual barang, pastikan menerima pembayaran sebelum mengirimkan barang. Waspadalah dengan berbagai bentuk penipuan.

Atur jam kerja. Meski bekerja dari rumah atur jam kerjamu. Tetapkan jam kerjamu dan disiplin. Kamu mempunyai kebebasan untuk mengerjakan hal lain, tetapi pekerjaan tetap prioritas. Bekerja terlalu lama juga belum tentu produktif. Kadang setelah istirahat sejenak, pikiran kita lebih terbuka.

Tetap Update. Selalu aktif mencari informasi sesuai bidang yang kita tekuni. Ikutin forum-forum, seminar dan kursus sesuai bidang kita agar kita tidak ketinggalan jika ada hal-hal yang baru. Bertemu banyak orang di bidang yang sama juga baik untuk jejaring.

Aktif bersosialisasi. Bekerja dari rumah membuat kita jarang berinteraksi dengan orang lain. Aktiflah bersosialisasi dengan teman-teman “kantor lama”, teman-teman sekolah/kuliah, tetangga, sesama profesi atau bergabunglah dengan klub hobi. Seimbangkan kesendirian kerja dengan kehidupan sosialmu yang aktif.

Cepat tanggap. Selalu cepat tanggap dalam komunikasi pekerjaan. Ketika kita menerima email dokumen balaslah segera meskipus singkat, misalnya: dokumen sudah diterima. Atau sekedar membalas: Siap segera dikerjakan. Selalu siap menerima video/tele-conference dan kerja sama dengan anggota tim lain.

Kelola keuanganmu. Bekerja dari rumah atau kerja freelancer tidak memberikan jaminan penghasilan tetap. Kadang banyak proyek, kadang sepi. Kita harus pandai-pandai mengatur keuangan. Ketika banyak proyek, sisihkan penghasilanmu untuk keperluan pada saat sepi proyek. Luaskan jaringan untuk mendapatkan banyak pekerjaan baru. Mengelola beberapa proyek bisa menjamin keberlangsungan penghasilan kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s