Melarung

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), “larung” berarti peti mayat yang tidak berdasar. Sedangkan “melarung” berarti membiarkan hanyut atau menghanyutkan. Setelah proses kremasi pada 30 November 2015, saya membawa pulang 2 buah guci yang berisi abu badan dan sebuah kantong kain yang berisi abu peti dan serpihan tulang. Menurut manajer kremasi di Oasis Lestari, umumnya abu peti dan serpihan tulang tidak disimpan, tetapi dilarung ke lautan, misalnya Tanjung Pasir atau  Ancol.

Maka pada Sabtu pagi, 23 Januari 2016, bersama keluarga Dedi Maryadi (Ibu Cici Riesmasari, Cakra & Tari), Mas Jon dan Bevita, aku berangkat ke Pelabuhan Ratu.  Berhubung kesiangan kami bertemu dengan macet, seperti biasa pasar yang tumpah ke jalanan. Melewati Cikidang sudah tengah hari, Cakra muntah-muntah dan kami memutuskan untuk berhenti. Menyantap mie goreng dan mie rebus khas jalanan Indonesia.

Tiba di Pelabuhan Ratu, tempat bertemu dengan teman Pak Dedi adalah Cimaja Square. Cafe dan pemondokan ini konon milik artis Bucek, dan memang tampak ia duduk bersama seseorang di satu sisi. Ibundanya dengan ramah-tamah menyapa ketika kami tiba.

Sambil menunggu teman Pak Dedi yang akan membantu menyewakan perahu, kami mengecek kamar. Menuju pondok (cottage) kami harus berjalan cukup jauh melewati perkampungan. Pondok tersebut tidak terlalu luas, ruangan bawah hanya berisi satu sofa dan dapur kecil, sedangkan kamar di lantai atas. Ini bukan pondok yang cocok untuk 5 orang dewasa dan 2 anak balita.  Maka kami memutuskan untuk mengecek tempat lain.

Sebelum hari semakin sore, kami menuju pantai Sunset dimana perahu bersandar. Awalnya hujan turun sehingga kami harus berteduh. Tak lama hujan reda dan kami bertiga (aku, Cici dan Bevi) ikut dengan para tukang perahu. Ombak tidak terlalu tinggi, perlahan kami menjauh dari daratan dan tiba di tengah untuk melarung. Kuucapkan selamat tinggal sekali lagi…

melarung abu peti Gary di Pelabuhan Ratu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s